Kamis, 05 April 2018

Sertifikasi 100% tanah air Indonesia


Hanya 1% Orang yang kuasai 80% wilayah tanah air Indonesia.
Semangat Presiden untuk menerbitkan sertifikat tanah dalam jumlah banyak sudah tak terbendung lagi, bukan hanya ingin menerbitkan sertifikat dalam jumlah banyak saja tapi juga menyerahkan sendiri ke sang pemilik sertifikat. Luar biasa  bagi saya antusias seorang Presiden yang seperti ini, tanpa perlu perangkat Pemerintah lainnya baik Gubernur hingga Lurah/Kepala Desa. Tugas  - tugas mereka semua dilakukan oleh Seorang Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi begitu asyik membagikan sertifikat tanah kepada rakyatnya, bahkan hingga ke pelosok - pelosok. Tentu kebahagiaan yang tak terhingga pastinya dirasakan masyarakat yang menerima sertifikat tanahnya dan diserahkan langsung oleh Presidennya. Namun bagi saya apakah itu tidak terlalu berlebihan? kenapa harus dikebut waktunya dalam mengeluarkan sertifikat toh kalo memang sertifikat itu benar - benar ada? Jika saya tidak salah di sela - sela pembagian sertifikat Presiden Jokowi juga menyampaikan sertifikat ini bisa dijaminkan sebagai modal usaha.

Disaat kondisi ekonomi serba sulit sekarang ini . Yang saya takutkan sisa 20% tanah air yang belum dikuasai ini dikarenakan hanya karena belum jelas kepemilikan atau sertifikat sehingga pihak - pihak yang ingin menguasai tanah air kita enggan untuk mengeksekusi. Bagi penerima sertifikat merasa ini adalah bukan hanya sekedar sertifikat, namun juga menjadi harapan besar untuk bisa melanjutkan kehidupan yang jauh lebih baik dilihat dari kacamata ekonomi karena Sertifikat itu bisa dijaminkan atau dijual untuk dijadikan modal usaha mereka. Tapi apakah juga tidak riskan untuk timbul permasalahan baru disaat kondisi ekonomi seperti sekarang ini, dimana disaat sertifikat itu tidak dapat diambil kembali dikarenakan usaha mereka gagal .
Sudah bisa dibayangkan ditangan siapa kira - kira kemana akhirnya sertifikat itu?
Dan apakah tidak mungkin sisa kekayaan kita yang 20% itu juga dikuasai oleh orang yang 1% tadi?
Bisa jadi ada benarnya juga kritikan Amien Rais terhadap Jokowi terkait bagi - bagi Sertifikat ini.
Semoga apa yang saya khawatirkan ini tidak terjadi, Aaaamiiiin....

#ekahope
#sayaindonesia

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi